Rangkuman PKn Tentang Pentingnya Hubungan Internasional Bagi Indonesia



Rain In Shadow→ Hubungan antar Negara memang snagat penting baik itu dari segi Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, Pertahanan, dan lain-lain. Negara yang menjalin Hubungan dengan Negara lain juga akan mendapatkan keuntungan, tentu saja keuntungan bagi kedua belah Pihak yang terkait.
Negara itu bisa juga diibaratkan dengan Seorang Manusia yang tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutahan sehari-harinya. Negara pun juga demikian, oleh sebab itu Negara menjalin Hubungan Internasiaonal dengan Negara lain. Karena Negara tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhanya sendiri tanpa adanya bantuan dari Negara lain.



Indonesia sendiri telah menjalin Hubungan Ineternasional dengan banyak Negara tidak terkecuali tengan Negara-Negara Maju. Seperti Amerika, Jepang, Australia, dan masih banyak lagi yang lain. Hubungan yang Indonesia jalin antara Negara-Negara Maju lainnya merupakan suatu Kerja Sama yang menguntungkan bagi Negara Indonesia dengan Negara yang menjalin Hubungan dengan Indonesia. Tentu saja bagi Indonesia bisa menjalin Hubungan dengan Negara-Negara Maju lainya merupakan sebuah keuntungan besar.


Dalam artikel kali ini saya akan mencoba mebagikan sedikit Ilmu yang saya miliki mengenai Pentingnya Hubungan Internasional Bagi Indonesia. Yang mana telah saya singgung sedikit diatas mengenai ini. Tapi kali ini saya akan memberikan sedikit Ilmu saya. Langsung saja bisa dilihat mengenai Pentingya Hubungan Internsional Bagi Indonesia.

Baca Juga : (Makalah Fisika Tentang Pemanasan Global Kelas XI SMA)

Pentingnya Hubungan Internasional Bagi Indonesia

   Suatu Negara harus mengadakan Hubungan yang baik dengan Negara lain. Misalnya, ketika awal kemerdekaan, bangsa Indonesia membutuhkan pengakuan dan dukungan dari Negara lain. Oleh karena itu, para pendiri Negara mejalin Hubungan dengan Australia, Amerika Serikat, Belgia, Mesir, dan sebagainya. Alhasil, kemerdekaan Negara Indonesia mendapatkan dukungan dari Negara-negara lain di dunia.


Faktor-faktor yang mempengaruhi Hubungan Internasional

1. Faktor internal
       Adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun interverensi dari Negara lain.

2. Faktor eksternal
       Ketentuan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu Negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerjasama dengan Negara lain. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah Ekonomi, Politik, Hukum, Sosial-Budaya, Pertahanan dan Keamanan.


Pembanguna Hubungan Internasional bangsa Indonesia ditujukan untuk meningkatkan persahabantan dan kerjasama Bilateral, Regional dan Multirateral mualai berbagai macam forum sesuai dengan kepentingan dan kemampuan Nasional. Selain itu, bagi Bangsa Indonesia, Hubungan Internasional diarahkan untuk:

1. Membentuk suatu Negara Republik Indonesia yang berbentuk Negara Kebangsaan yang Demokratis.

 2. Membentuk suatu masyarakat yang adil dan makmur secara material maupun spiritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Membentuk satu persahabatan yang baik antara Republik Indonesia dan semua negra di Dunia. Terutama Negara-negara di Afrika dan Asia atas dasar Kerja Sama.

4. Mempertahankan kemerdekaan Bangsa dan menjaga keselamatan Negara.

5. Memperoleh barang-barang yang dibutuhkan dari luar untuk memperbesar kemakmuran rakyat

6. Meningkatkan perdamain Internasional karena hanya dengan keadaan damai, Indonesia dapat membangun dan memperoleh syarat-syarat yang di perlukan untuk memperbesar kemakmuaran rakyat

7. Meningkatkan persaudaraan segala Bangsa sebagai pelaksanaan cita-cita yang tersimpul dalam Pancasila, Dasar dan Filsafat Negara kita.



   Berdasarkan uraian diatas dapat di simpulkan bahwa untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan Hubungan Internasional, Bangsa Indonesia harus senantiasa meningkatkan kualitas Kerja Sama Internasional yang dibangun dengan Negara.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.