Contoh Soal US Bahasa Indonesia 2016 Khusus IPA SMA/MA/SMK
Rain In Shadow→ Setelah beberapa lama Blog atau Situs Web ini tidak Update/Diperbarui. Kali ini saya diawal tahun 2019 ini, akan membagikan sedikit Materi bagi yang mencari Materi, dan Ilmu bagi yang mencari Ilmu. Tentang Contoh dari Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Khusus Kelompok IPA yang mana Contoh Soal ini merupakan Contoh Soal dari Tahun 2016 yang lalu.
Seperti yang kalian ketahui bahwa Ujian Sekolah merupakan Tingkatan Ujian yang dilakasanakan oleh Pihak Sekolah yang mana pelaksanaanya terjadi sebelum menghadapi Ujian Nasional atau UN. Biasanya Ujian Sekolah ini, Soal-soal yang keluar merupakan Soal yang masih mudah untuk dipahami. Artinya, Soal yang keluar tentu tidak terlalu jauh berbeda dengan Soal yang dipelajari dari kelas X, XI, dan XII atau bisa dikatakan Ujian Sekolah merupakan Ujian Kompilasi Soal dari Kelas X, XI, dan XII pada saat kita di Sekolah.
Baiklah dari pada panjang lebar membahas mengenai Ujian Sekolah langsung saja kalian lihat dan amati dari Contoh Soal Ujian Sekolah ini.
Catatan : COPY SOAL INI KE MS WORD AGAR DAPAT MELIHAT DENGAN BAIK
Nama :
|
No
Peserta :
|
Cermati
paragraf berikut untuk soal 1 dan 2!
Wabah merokok dapat diatasi
dengan berbagai strategi. Bank Dunia menyarankan agar strategi pembatasan
merokok disesuaikan dengan kebutuhan setiap negara. Pembatasan hendaknya mencakup
meningkatkan pajak, menerbitkan dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian
tentang dampak merokok pada kesehatan, menambah label peringatan merokok yang
mencolok, mengadakan larangan iklan dan promosi rokok yang menyeluruh,
membatasi orang merokok di tempat kerja dan tempat-tempat umum, serta
memperluas akses pada terapi-terapi penghantian merokok lainnya.
1.
Ide
pokok paragraf tersebut adalah ....
A.
Strategi
mengatasi wabah merokok
B.
Saran membatasi strategi
merokok
C.
Wabah merokok yang
merajalela
D.
Penelitian
tentang dampak merokok
E.
Cara penghentian wabah
merokok
2.
Arti
istilah strategi adalah ....
A.
Alat
untuk mendeteksi sesuatu
B.
Aturan
yang harus ditaati
C.
Kekuatan
yang sudah dimiliki
D.
Bantuan
yang dapat dimanfaatkan
E.
Cara
untuk melakukan sesuatu
3.
Cermati paragraf berikut!
(1)
Stasiun televisi yang peduli dengan budaya tradisional, sebenarnya telah
melakukan upaya pelestarian budaya tradisional tersebut. (2) Salah satu stasiun
televisi swasta pada tayangan dini hari di akhir pekan beberapa waktu lalu,
manyajikan wayang kulit, kesenian tradisional dari pesisir Jawa Tengah. (3)
Saat itu, para penggemar wayang kulit yang tadinya sukar menyaksikan kesenian
kesayangan mereka itu karena langkanya pementasan diberbagai tempat dan juga
jauh dari tempat tinggal, sangat terhibur dengan acara itu. (4) Penayangan
wayang kulit itu memudahkan penggemar atau pemirsa bersama keluarga menikmati
acaranya di layar kaca tanpa harus beranjak dari rumah. (5) Acara tersebut
dapat membantu mengenalkan budaya tradisional.
Kalimat utama paragraf
tersebut terdapat pada nomor ....
A.
(1) B.
(2) C.
(3) D.
(4) E.
(5)
4.
Cermati kalimat berikut!
Kalimat utama : Potensi pertumbuhan industri
asuransi jiwa di Indonesia tahun
depan berpeluang meningkat.
Kalimat penjelas :
(1) Mayoritas masyarakat menganggap bahwa
asuransi memang penting.
(2) Hal ini ditandai dengan penetrasi asuransi
yang masih rendah.
(3) Pertumbuhan nasabah asuransi jiwa dan
kesadaran masih jalan di tempat.
(4) Selain itu, konsolidasi asuransi melalui
merger dan akuisisi juga akan mendorong
perkembangan industri ini.
(5) Perkembangan
asuransi yang semakin meningkat menandakan kesadaran masyarakat
semakin meningkat pula.
Kalimat penjelas yang
sesuai dengan kalimat utama tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A.
(1)
dan (2) C. (2) dan (4) E. (4) dan (5)
B.
(1)
dan (4) D. (3) dan (5)
Cermati
paragraf berikut untuk soal nomor 5 dan 6!
(1)
Kebaradaan SaungAngklung Udjo (SAU) merupakan salah satu upaya melestarikan dan
mengembangkan angklung sebagai seni dan budaya tradisional Sunda. (2) SAU
didirikan pada tahun 1966 oleh seniman Sunda, Udjo Ngalagena, bersama istrinya,
Uum Sumiati. (3) Dalam perjalannya, SAU mengilustrasikan alam dan budaya dalam
keharmonisan, jati diri kearifan lokal budaya Sunda. (4) SAU merupakan tempat
pertunjukan terpadu yang terdiri atas tempat pertunjukan, pusat kerajinan
bambu, dan alat instrumen bambu. (5) Pemerintah harus mempehatikan eksistensi
dan perkembangan angklung sebagai sebuah warisan budaya nasional.
5.
Pernyataan
fakta yang sesuai isi paragraf terdapat pada kalimat ....
A.
(1)
dan (2) C. (3) dan (4) E. (4) dan (5)
B.
(2)
dan (4) D. (3) dan (5)
6.
Simpulan
yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
A.
Musik
angklung merupakan satu-satunya seni tradisional Sunda.
B.
Musik angklung milik
seniman budaya Sunda.
C.
Musik angklung menyatukan
alam dan budaya Sunda.
D.
Musik
angklung merupakan salah satu warisan budaya nasional.
E.
Musik angklung sebagai
seni budaya adat Sunda.
7.
Cermati paragraf berikut!
Adakah
harapan bagi para pencari kerja di tanah airtercinta Indonesia? Pada
bulan-bulan terakhir ini dunia usaha sedang diguncang aksi tuntutan kenaikan
upah minimum reginal (UMR) di kota-kota besar, termasuk Kota Medan khusunya,
dan Sumatra Utara umumnya. Namun, aksi itu diharapkan oleh pencari kerja
Indonesia tidak menyurutkan niat pengusaha untuk berinvestasi dan membuka
lapangan kerja baru. Ekonomi Indonesia diharapkan cukup baik, sebagaimana proyeksi pertumbuhan yang diharapkan
mencapai 6,7 hingga 7,2 persen di tahun mendatang dan inflasi pada tingkat 3,5
persen. Dengan kondisi ini, penyerapan tenaga kerja akan bertambah dan mampu
menekan tingkat pengangguran.
Bagaimana harapan pencari
kerja Indonesia terhadap aksi tuntutan kenaikan UMR?
A.
Tidak
terjadi lagi demo-demo yang sangat menggangu ketentraman.
B.
Menaikkan upah minimum
regional (UMR) secara layak.
C.
Tidak mengurangi niat
pengusaha untuk membuka lapangan kerja.
D.
Melakukan
perekrutan calon pegawai secara profesional.
E.
Pengusaha diharapkan mampu
menekan jumlah pengangguran.
8.
Bacalah dengan saksama!
“Marie,
yang kamu lihat pada si Maridjan itu apanya, to ?” Marie tertawa ceria.
“Ya
semuanya, dong. Kenapa memangnya, Ma ?”
“Anak itu
tampak kok kurang tahu tata krama.”
“Misalnya
?”
“Kalau
duduk kurang sopan.”
“Marie,
Maridjan tidakn sepadan dengan kamu.”
“E lho,
maksunya mama dengan kurang sepadan itu, apa kami ?”
“Yang jelas
latar belakang keluarga. Bukankan dia datang dari keluarga desa saja?
Kau anak Kolonel dengan
latar belakang pendidikan Belanda, Marie. Kau kami didik sebagai anak priyayi
yang maju, yang europeesch.”
Marie
tertawa dan tertawa mendengar penjelasan saya. Bukan main jengkel dan bahkan
sakit hati saya. Saya merasa anak saya sudah keterlaluan meremehkan
orangtuanya.
“Mama,
Mama. Keluarga kita itu apa, sih ? Benar Bapak itu kolonel dan punya pendidikan
Belanda. Tapi, Embah Kakung Wanagalih itu anak siapa? Bukankah petani desa
juga. Benar Bapak dan Mama itu priyayi maju, eropis, kalau ngomong Belanda
cas-cis-cus. Tetapi, bukankah dari sononya kita semua ini keturunan petani desa
saja ?”
(Para Priyayi, Umar Kayam)
Tujuan pengarang dengan
cerita tersebut adalah ....
A.
Menghimbau
agar kalau mencari jodoh carilah orang yang bermartabat.
B.
Menghimbau agata orangtua
memberikan pendidikan kepada anaknya.
C.
Mengingatkan anak muda
agar jangan melawan kehendak orangtua.
D.
Mengingatkan
orangtua agar mencarikan jodoh anaknya orang yang sederajat.
E.
Mengingatkan pembaca
bahwa manusia itu pada dasarnya sama.
9.
Cermati teks berikut!
Taufiq Ismail dilahirkan
di Bukittingi dan dibesarkan di Pekalongan. Ia tumbuh dalam keluarga guru dan
wartawan yang suka membaca. Ia bercita-cita menjadi sastrawan sejak masih SMA.
Dengan pilihan sendiri, ia menjadi sokter hewan dan ahli peternakan karena
ingin memiliki bisnis peternakan guna membiayai cita-cita kesusastraannya. Ia
tamat FKHP UI pada 1963, tetapi gagal memiliki usaha ternak yang dulu
direncanakannya di sebuah pulau di Selat Malaka.
Hal yang mnjadi
keistimewaan Taufik Ismail pada teks biografi tersebut adalah ...
A.
Gemar
membaca berbagai buku.
B.
Bercita-cita
memiliki usaha ternak.
C.
Mencari
modal untuk menjadi sastrawan
D.
Menjadi
dokter hewan sekaligus sebagai sastrawan.
E.
Percaya
diri sebagai ilmuan.
Cermati tajuk rencana berikut
untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Penggunaan jasa penerbangan tentu
berharap semua maskapai mencapai standar keselamatan excellent. Berbeda dengan bus kota yang boleh mogok di tengah
jalan, bagi transportasi udara, kerusakan mesin dan kekacauan sistem pascalepas
landas adalah dosa besar.
Maskapai penerbangan tidak boleh
terjebak dalam perang tarif. Liberalisasi dalam pasar bebas tidak berarti
kebebasan dalam mematikan pesaing dalam menerapkan tarif serandah-randahnya.
Karena kalau itu yang terjadi, dan standar keselamatan dikorbankan, maskapai
penerbangan sejatinya tengah mematikan pengguna jasa dalam arti harfiah.
10. Opini penulis yang
terungkap dalam kutipan tajuk rancana tersebut adalah ....
A.
Maskapai
penerbangan harus memiliki standar keselamatan dan tidak boleh terjebak dalam
perang tarif.
B.
Transportasi udara yang
mengalami kerusakan mesin merupakan bencana dan dosa besar.
C.
Maskapai penerbangan
tidak boleh melakukan liberalisasi dalam pasar tarif.
D.
Jika
standar keselamatan dikorbankan sejatinya telah menerapkan tarif
serendah-rendahnya.
E.
Selama ini maskapai
terus-menerus menyeramkan bagi pengguna jasa.
11. Keberpihakan penulis
dalam kutipan tajuk rencana adalah kepada ....
A.
Maskapai
penerbangan
B.
Pengusaha penerbangan
C.
Pengguna jasa penerbangan
D.
Pemerintah
E.
Pengelola penerbangan
Tabel berikut untuk menjawab soal
nomor 12 dan 13. Bacalah dengan cermat!
Konsumsi
Tepung Terigu Indonesia 2008-2014
Tahun
|
Konsumsi
(Metrik Ton)
|
Pertumbuhan
(%)
|
2008
|
3.800.000
|
-
|
2009
|
3.967.200
|
4,40
|
2010
|
4.383.756
|
10,50
|
2011
|
4.765.879
|
7,12
|
2012
|
5.057.409
|
7,06
|
2013
|
5.431.896
|
7,00
|
2014
|
5.893.607
|
8,50
|
12. Pernyataan yang sesuai
dengan isi tabel tersebut adalah ....
A.
Tahun 2008, konsumsi
tepung terigu Indonesia lebih tinggi daripada 2009.
B.
Pertumbuhan konsumsi
tepung terigu Indonesia tahun 2010 lebih tinggi daripada tahun 2009.
C.
Pada tahun 2011-2012
pertumbuhan konsumsi tepung terigu Indonesia menurun tajam.
D.
Tahun 2013 pertumbuhan
konsumsi tepung terigu Indonesia, lebih besar daaripada tahun 2014.
E.
Tidak ada peningkatan
pertumbuhan konsumsi tepung terigu Indonesia rentang th. 2013-2014.
13. Simpulan isi tabel
tersebut yang sesuai adalah ....
A.
Dalam
rentang waktu 2008-2014 pertumbuhan konsumsi tepung terigu Indonesia paling
rendah terjadi tahun 2011.
B.
Dalam rentang waktu
2008-2014 pertumbuhan konsumsi tepung terigu Indonesia tidak pernah menurun tajam.
C.
Pada tahun 2011-2012
pertumbuhan konsumsi tepung terigu Indonesia selalu menurun.
D.
Konsumsi
tepung terigu Indonesia rentang waktu 2008-2014 terus meningkat, tetapi
pertumbuhannya naik turun.
E.
Konsumsi tepung terigu
Indonesia selalu mengalami naik turun sejak 2008-2014.
Bacalah
kutipan Sastra Melayu Klasik berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor
14 dan 15!
...
Pemburu itu merentangkan jaringnya dan membubuhkan umpannya berkeliling,
kemudian bersembunyilah ia di balik hutan itu.
Seketika
datanglah sekawan burung tekukur, adalah dalam sekawan tengkukur itu rajanya.
Sekalian tengkukur itu singgahlah memakan umpan itu.. sekaliannya itu pun
terkenalah jaring itu.
Demi
dilihat oleh pemburu itu segala tekukur itu sudah terkena jaring, sukacitalah ia
terlalu sangat serta berlari-lari datang hendak menangkap burung itu. Pada
ketika itu berkatalah raja tekukur itu kepada segala rakyatnya, “Hai kamu
sekalian, dengarlah olehmu bicaraku. Sementara belum datang pemburu itu,
hendaklah kamu sekalian terbangkan jaring itu, supaya kita terlapas dari bahaya
ini.”
Demi
didengar oleh segala tekukur itu aka titah rajanya, sekaliannya itu pun
terbanglah ke udara membawa jaring itu.
(Hikayat
Kalilah dan Damnah)
14. Kemustahilan yang
terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....
A.
Sekawanan
burung tekukur menerbangkan jaring yang berisi teman-temannya yang terjerat.
B.
Sekawanan burung tekukur
memakan umpan yang ditebarkan pemburu di sekeliling jaring.
C.
Dalam sekawanan burung
tekukur terdapat seekor burung sebagai rajanya.
D.
Raja
tekukur ukut terbang bersama rakyatnya dan terjerat jaring pemburu.
E.
Seorang mempunyai pikiran
yang cerdik untuk melepaskan rakyatnya dari kebinasaan.
15. Nilai sosial yang tampak
pada kutipan tersebut adalah ....
A.
Memberi
makan burung-burung bebas
B.
Raja ikut sengsara
bersama rakyatnya
C.
Menolong sesama dari
kesulitan atau bahaya
D.
Bersukacita
melihat jerat mengena sasaran
E.
Mengecoh musuh dengan
tipuan
16. Cermati
kutipan novel berikut!
(1) Zamizami sendiri pernah melihat kamus
yang hebat di pedagang buku
bekas kaki lima di Tanjong Pandan. (2)
Kamus itu adalah Kamus Bahasa Inggris
Satu Miliar Kata. (3) Sejak melihat kamus
itu dan mengenang keinginan putrinya, membeli
kamus telah menjadi impian Zamizami dari hari ke hari. (4) Ia bekerja lebih keras di ladang
Tambang dan menambah penghasilan dengan
berjualan air nira setiap ada pertunjukan orkes
Melayu. (5) Hari Sabtu ia ke laut mencari
kerang untuk dijual di pasar ikan. (6) Hari
Minggu ia berjualan tebu yang ditusuk
dengan lidi. (7) Setelah berbulan-bulan seperti itu
Dan memfokuskan pikirannya hanya untuk
membeli kamus bahasa Inggris, akhirnya
Zamizami punya uang lebih.
( Padang Bulan, Andrea
Hirata)
|
Latar tempat dalam kutipan tersebut dibuktikan dalam
kalimat….
A.
(1),(2),dan
(6) C. (1), (4), dan (5) E.
(5), (6), dan (7)
B.
(1),(3),dan
(7) D. (2), (5), dan (7)
17.
Bacalah kutipan berikut dengan cermat!
“Ya Allah,Gusti Allah,Bude,”
Astuti terisak, “Kami semua mengira Bude sudah
Meninggal,
ternyata Bude Humaini masih hidup. Alhamdulillah.”
Para mahasiswi yang kost
dirumah sewa itu akhirnya tahu. Ternyata selama ini
Astuti
menyimpan bebannya sampai rapat. Tempat mengadunya hanya satu, Tuhan di atas
sana. Mengaji membaca Al-Quran setiap malam yang dilakukan sampai menangis
adalah cara yang dipilihnya dalam memohon Tuhan mengembalikan ibunya. Segenap
penghuni rumah kost itu terhenyak ketika mereka membayangkan, bagaimana
kira-kira yang mereka rasakan jika merekalah yang mengalami peristiwa
itu.
( Ratu Kecantikan, Langit
Kresna Hariadi)
|
Pendeskirpsian watak Astuti yang tabah pada
kutipan tersebut diungkapkan pengarang
melalui…
A.
Pendeskripsian
fisik D.Percakapan
antartokoh
B.
Penjelasan
langsung E.
Pikiran tokoh
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan
cermat untuk menjawab nomor 18 dan 19!
Ketika ia berjalan di koridor meneruskan
perjalanan ruang UKS untuk meminta maaf, saat sampai di depan ruang UKS ia
melihat Bu Sartika sedang menasehati dengan penuh kasih sayang. Menyaksikan
hal tersebut Salman merasa iri sebab selama ini Bu Guru Sartika tidak pernah
lagi menyediakan waktu untuknya. Pada saat ia menuju ruangan tersebut, ia
berkata, “Oh, ini yang Ibu lakukan sehingga tidak ada waktu untuk mengajari
Salman lagi,” ucapnya dengan nada tinggi.
“Bukan begitu Maan, Ibu melakukan ini
karena kasihan melihat Anjas seperti ini,” tegasnya.
“Alah, jangan berbohong, deh, Bu.”
Bantahnya sembari berjalan.
Ketika keluar meninggalkan ruangan
tersebut, ia menangis sampai akhirnya dia duduk tertunduk di sebuah bukit
kecil di belakang sekolah.
|
18. Keterkaitan peristiwa dalam
kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….
A.
Perilaku
meminta maaf atas segala kesalahan.
B.
Seorang
yang membeda-bedakan kasih sayang terhadap anak.
C.
Perasaan
cemburu kepada seseorang.
D.
Kekecewaan
seseorang karena kegagalan.
E.
Penyesalan
diri karena telah menyakitkan orang lain.
19.
Bagaimana sikap Bu Sartika melihat sikap dan tindakan Salman?
A.
Marah-marah
dan tidak mau menerima tuduhan Salman.
B.
Acuh
tak acuh melihat perlakuan Salman kepadanya.
C.
Sangat
tersinggung karena Salman tidak sopan kepadanya.
D.
Sakit
hati karena Salman bertindak kasar.
E.
Tetap
bersabar dan menjelaskan alasannya kepada Salman.
Cermati
kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan 21!
Hal itu terjadi seminggu lalu. Pak Hardi
seperti biasa mengendarai sepeda ontelnya berkeliling mencari dagangan
pisang. Ia merobos kebun-kebun dan ladang-ladang petani. Karena kepergiannya
dengaan pikiran yang kalut, ia tidak piker panjang menebang pisang milik
orang lain yang belum dikenalnya. Dua tandan pisang raja nangka dibawanya ke
bos pisang. Ia tidak sadar kalau ada orang yang mengetahui perbuatannya. Satu
hari dari kejadian itu, Pak Hardi dijempuk paksa oleh seorang polisi yang
masih sangat muda. Bahasanya cukup tegas (kalau tidak mau dikatakan kasar).
Hanya beberpa kata yang diucapkannya. Pak Hardi pun tak berkutik. Tanpa
perlawanan ia mengikuti seorang polisi. Ia sadar kalau ia melanggar hukum
karena telah mencuri pisang milik orang lain.
(Dua Sisi Mata Pisau, Lanang
Anwarsono)
|
20. Nilai
positif yang sesuai dengan karakter tokoh Pak Hardi pada kutipan cerpen
tersebut adalah….
A.
Menyadari
kesalahnnya karena telah mengambil milik orang lain.
B.
Menurut
kata kepala polisi karena dia takut melawan.
C.
Mencari
kehidupan dengan menerobos kebun-kebun orang.
D.
Menebang
pisang orang sebelum meminta kepada pemiliknya.
E.
Tidak
membalas perlakuan polisi yang telah menangkapnya.
21. Simpulan yang sesuai dengan isi cerpen adalah…
A.
Seseorang
yang terpaksa mengambil hak orang, pada awalnya ketakutan, tetapi lama-lama
menjadi biasa.
B.
Bila
tidak berpikir panjang dalam bertindak, akan berdampak buruk kepada diri
sendiri.
C.
Seorang
polisi yang tidak bertindak adil dalam melaksanakan tugasnya akan melakukan
kesalahan dalam bertindak.
D.
Kebiasaan
buruk seorang akan sulit dihilangkan karena suatu ketika akan terulang kembali.
E.
Seorang
pedagang akan mengalami kerugian apabila dia tidak jujur dalam melakukan
jual-beli.
22. Cermati gurindam berikut!
Mengumpat
dan memuji hendaklah pikir,
di
situlah banyak orang yang tergelincir.
|
Maksud isi
gurindam tersebut adalah….
A.
Berhati-hatilah
dalam perjalanan supaya tidak mengalami kecelakaan.
B.
Berbicara
harus dipikir terlebih dahulu agar terhindar dari kesalahan.
C.
Berpikirlah
secara positif agar kita diterima dalam pergaulan.
D.
Janganlah
memuji seseorang dengan tujuan menutupi kesalahan.
E.
Janganlah
mengungkit-ungkit kesalahan orang lain di hadapan umum.
23. Bacalah puisi berikut dengan cermat!
Di Musim Kering
Panas
gana mereta bumi,
menaring
hidup tanah ternganga
bernafas
haus,bisu mendoa
bagai
petani di gurun hati
Segala
hijau bertindas, layu
Hidup
surut ke sari akar
Dan bayu
lalu sejuk sebentar
Mendayu
naik semua debu
Segala
teguh menderita, menunggu
Terdesak
di luar, bertahan di dasar
Siap
tampil setiap waktu
Yang
sangsi memisah, golongan debu,
longgar
di dasar, ikut berkisar,
dikipas
nikmat sementara waktu
(M. Tasli Ali)
|
Suasana dalam puisi tersebut adalah….
A.
Ketidakberdayaan C.
Ketidakpedulian E. Ketidakadilan
B.
Ketidaknyamanan D.
Ketidakpercayaan
24. Bacalah puisi berikut dengan teliti!
Sajak
O,
bukannya dalam kata yang rancak,
Kata yang
pelik kebagusan sajak,
O,
pujangga, buang segala kata,
Yang ‘kan
Cuma mempermainkan mata,
Dan hanya
dibaca selintas lalu
Karena
tak keluar dari sukma
Seperti
matahari mencintai bumi,
Memberi
sinar selama-lamanya,
Tidak
meminta sesuatu kembali
Harus
cintamu senantiasa
(Sanusi pane)
|
Makna kata lambang matahari adalah….
A.
Kehidupan C.
Kesombongan E.Kekuatan
B.
Kenyamanan D.
Keperkasaan.
25. Cermati
paragraf berikut!
Taman Toyota terletak di Jalan Perintis
Kemerdekaan, Jakarta Utara. Di Taman
Toyota Banyak rumput kering dan tumbuh
tidak merata. Barangkali banyak orang yang juga tidak sadar akan
keberadaan taman ini. Karena itu, kegersangan taman tidak terlalu menyedot
perhatian. Barangkali persoalan akan berbeda bila taman gersang ini mudah
terlihat seperti di Jalan M.H. Thamrin.
|
Perbaikan kalimat
tidak padu (dicetak miring) yang tepat adalah….
A.
Letaknya
tertutup jaringan jalan.
B.
Taman
itu dipenuhi bunga.
C.
Di
taman ini terdapat pepohonan yang rindang.
D.
Taman
itu ramai di sore hari karena banyak pengunjung.
E.
Letaknya
strategis dan tergjangkau.
26. Cermati
kalimat berikut!
Cara
mencuci batik:
(1) Setelah itu dibilas
hingga bersih dengan air biasa.
(2) Perlu ditinjau, jangan
mencuci batik dengan deterjen.
(3) Merawat kain batik agak
sulit sebab jika salah rawat, warnanya cepat memudar.
(4) Jika diperlukan,
gunakan sabun klerak sebagai pengganti deterjen.
(5) Keringkan di tempat
yang teduh dan setrika tidak terlalu panas.
(6) Agar warnanya tetap
bagus, sebelum kain dicuci, rendam dengan air kelapa selama
|
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf proses yang padu
adalah….
A.
(2(3),(4),(5),(1),
dan (6)
B.
(2),(4),(6),(1),(3),
dan (5)
C.
(3),(6),(1),(2),(4),
dan (5)
D.
(3),(6),(2),(4),(1),
dan (5)
E.
(3),(2),(1),(5),(6),
dan (4)
27. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Harimau itu bernama Ganteng, tetapi ia
tidak tampak ganteng. Badannya lurus, matanya tidak tajam, dan keadaannya
lemas seakan-akan empat kakinya tidak sanggup menopang tubuhnya untuk berdiri
tegak. … Padahal,
disekitar kandangnya terdapat banyak pengunjung yang melihaat dan
memotretnya.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf
deskripsi tersebut adalah….
A.
Ia
lesu, malas bergerak, dan tidak peduli dengan keadaan sekitarnya.
B.
Badannya
tetep tegar, tetapi tidak mau bergerak sedikit pun.
C.
Anehnya
dia tidak mau memakan apa yang disuguhkan kepadanya.
D.
Belang-belang
di tubuhnya masih tetap terlihat berkilau indah.
E.
Kukunya
mencakar tajam ke tanah tempat ia berdiri di kandang itu.
28. Cermati
paragraf berikut!
Rapiah
sedang sakit-sakitan. Ia begitu merindukan anak kesayangannya yang
melanjutkan sekolah di luar kota. Salah satu obat penghibur hatinya, hanyalah
sebuah potret usang. ....
Tidak henti-hentinya dia memandang dan mencium potret itu.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi
tersebut adalah….
A.
Potret
itu tergantung di dinding dan lama ia memandanginya.
B.
Potret
itu sudah berdebu karena sudah lama tidak di pedulikan.
C.
Potret
ketika ia berdiri di samping suaminya yang mengenakan seragam kerja.
D.
Potret
ketika ia menggendong anak perempuannya saat berumur lima tahun.
E.
Potret
kesayangan anak perempuannya yang berumur lima tahun.
29. Cermati teks pidato berikut!
Hadirin
yang berbahagia,
Bencana alam terjadi di mana-mana sehingga sangat
merugikan bagi manusia dan alam sekitarnya. Kita kehilangan harta benda
ataupun orang-orang yang kita sayangi. Mengapa bencana alam terjadi? Apakah
karena ulah manusia sendiri yang mulai
kurang peduli dengan lingkungan? Hutan digunduli tanpa perhitungan,
pohon-pohon dijarah oleh manusia serakah, sampah dibuang di
saluran-saluran air. Pembangunan dilakukakn tanpa memeperhatikan lingkungan.
Kita tidak ingin bencana alam terjadi lagi. ....
|
Kalimat imbauan untuk melengkapi teks pidato
tersebut adalah….
A.
Marilah
kita jaga lingkungan kita dengan bersikap lebih bijak dan peduli terhadap alam
di sekitar kita.
B.
Jangan
mengulang sikap-sikap yang tidak terpuji karena kita tidak ingin bencana
terulang lagi
C.
Sebaiknya
kita bersatu padu menjaga dan
melestarikan kekayaan bangsa dan tanah air kita.
D.
Lingkungan
harus dijaga dengan baik sehingga akan memberikan manfaat kepada kita.
E.
Manusia
dapat bersikap bijaksana dalam mengelola lingkungan dan berpartisipasi terhadap
lingkungan sekitar kita.
30. Cermati
paragraf berikut!
Arnold menyerahkan foto copi kartu tanda penduduk dan kartu keluarga untuk
mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah. Panitia dari kelurahan
memberinya kupon dan menyuruh Arnold antri
seperti warga lain. Akan tetapi, warga kecewa karena panitia yang akan
membagikan bantuan langsung tidak datang. Sementara itu,
warga terus berdatangan. Mereka pun kecewa dan merasa ketipu.
|
Kata baku yang tepat untuk memperbaiki kata
bercetak miring dalam paragraf
adalah….
A.
Foto
kopian, antre, ketipu
B.
Photo
copy, antri, tertipu
C.
Foto
copi, mengantri,ditipu
D.
Fotokopi
, mengantre, tertipu
E.
Foto
kopian, antrean, tertipu
31. Cermati
paragraf berikut!
Ratusan miliyar uang rakyat telah
dikeluarkan demi … pesta … ini, demi terwujudnya kepemimpinan yang membawa
angin segar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian pula, semua…
yang maju dalam pemilu juga telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk memenangkan pesta
lima tahunan ini.
|
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi bagian
paragraf tersebut adalah….
A.
suksesnya,
demokrat, candidat
B.
kesuksesan,
demokratif, kandidat
C.
mensukseskan
, demokratisasi, candidat
D.
menyukseskan,
demokrasi, kandidat
E.
penyuksesan,
demokratis,candidat
32. Penulisan identitas pelamar pekerjaan yang tepat
adalah...
A. NAMA : NOVI SUSILAWATI
TEMPAT,
TANGGAL LAHIR : JAKARTA, 3 JUNI 1987
PENDIDIKAN :
SMA
ALAMAT :
JALAN PANGANDARAN III/50, JAKARTA SELATAN
B. nama
: Novi Susilawati
tempat,
tanggal lahir : Jakarta, 3 Juni 1987
pendidikan :
SMA
alamat : Jalan Pangandaran III/50, Jakarta
Selatan
C. Nama : Novi Susilawati
Tempat/tanggal lahir :
Jakarta, 3 Juni 1987
Pendidikan :
SMA
Alamat : Jalan Pangandaran III No. 50,
Jakarta Selatan
D. Nama :
Novi Susilawati
Tempat,
tanggal lahir : Jakarta, 3 - 6 -
1987
Pendidikan :
SMA
Alamat : Jalan Pangandaran III/50, Jakarta
Selatan
E. nama : Novi Susilawati
tempat, tanggal lahir :
Jakarta, 3 Juni 1987
pendidikan : SMA
alamat : Jalan Pangandaran III Nomor 50,
Jakarta Selatan
Bacalah paragraf berikut!
Mereka
terkejut melihat harimau sangat lincah
melepaskan Pak Balam dari cengkeramannya. Harimau itu menghilang ke dalam hutan yang sangat
gelap di tengah malam itu. Dengan cepat mereka berlari dan menuju ketempat Pak
Balam terbaring. Dalam cahaya samar-samar dari potongan kayu yang menyala,
mereka melihat betapa kaki kiri Pak Balam lukanya bengkak sekali, betisnya kena gigitan harimau, daging dan otot
betis koyak hingga kelihatan tulangnya yang putih, dan darah mengalir berwarna merah.
33. Frasa Adjektiva yang tepat untuk memperbaiki frasa yang
bercetak miring dalam
paragraf tersebut adalah…
A. sangat
besar, besar benar, teramat banyak
B. sangat
besar, sangat
parah, amat banyak
C. cukup
besar, sakit sekali, bagaikan air
D. agak
besar, dalam sekali, tak tertahankan
E. tinggi
besar, paling lebar, seperti air
34. Cermatilah paragraf berikut!
Jasa-jasa
ekologi yang terdapat di Kawasan Ekosistem Leuser mencakup penyediaan air
bersih, pengendalian erosi sehingga
banjir, pengaturan iklim lokal, penyerapan karbon, perikanan air tawar, bahwa keindahan alam pendukung industri
pariwisata. Jasa-jasa ini hanya dapat tersedia maupun Kawasan Ekosistem Leuser dijaga dan dipelihara fungsinya
sebagai suatu kesatuan interaksi yang utuh.
Kata
penghubung yang tepat untuk memperbaiki kata
yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah…
A. atau,
tetapi, sebab
B. yaitu,
bahkan, bahwa
C. serta,
yakni, dan
D. dan,
serta, jika
E. karena,
misalnya, apabila
35.
Bacalah
dengan cermat!
(1)
Situs
purbakala di kawasan Kota Banda Aceh kuno saat ini dalam kondisi terbengkalai.
(2) Rumput ilalang tumbuh subur di kawasan itu. (3) Makam-makam kuno
peninggalan masa Kerajaan Aceh yang dibuat sekitar abad ke-17 dan ke-18
berserak terurus. (4) Banyak yang tidak utuh atau terbelah. (5) Sebagian besar
batu nisan berkaligrafi musnah terbawa tsunami atau diambil orang. (6) Manuskrip
batu nisan berserakan dan tak diketahui lagi posisi awalnya. (7) Padahal,
tulisan kaligrafi pada nisan itu mempunyai pesan dan/atau teks sejarah yang
berguna.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi paragraph adalah ….
A.
Semua
makam kuno di Banda Aceh musnah karena terbawa tsunami.
B.
Pemerintah
diharapkan segera mengumpulkan lagi peninggalan yang ada.
C.
Kompleks
makam yang hilang direnovasi kembali oleh pemerintah.
D.
Situs
purbakala Banda Aceh ditata kembali oleh pemerintah daerah.
E. Tulisan kaligrafi pada
nisan berisi data diri yang meninggal.
36. Penulisan judul karya
tulis yang
sesuai EYD adalah ....
A.
Peningkatan
Swa Sembada Pangan
B.
Perhatian
pada Wawasan Kebangsaan dan Swa Sambada Pangan
C.
Penangan
Swa Sembada Pangan oleh Petani
D.
Pemberdayaan
Petani dalam Peningkatan Swasembada Pangan
E. Peningkatan Kesejahteraan
Bangsa dengan
Swasembada Pangan.
Perhatikan
topik-topik berikut!
1.
Beras
sebagai makanan pokok
2.
Produksi
padi menurun
3.
Harga
beras naik
37. Kalimat latar belakang
yang tepat berdasarkan topik tersebut adalah ....
A.
Akhir-akhir
ini harga beras naik karena produksi padi menurun
B.
Kenaikkan
harga beras sebagai makanan pokok karena produksi padi menurun
C.
Penurunan
produksi padi sebagai makanan pokok mengalami penurunan
D.
Harga
beras naik setelah produksi padi sebagai makanan pokok menurun
E. Beras sebagai makanan
pokok produksinya menurun menjadikan kenaikan harga beras
Cermati
topik berikut!
Topik : keterampilan
sosial pada anak
38. Rumusan
masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah …..
A.
Mengapa
harus meningkatkan keterampilan sosial pada anak?
B.
Apa
yang dimaksud meningkatkan keterampilan sosial pada anak?
C.
Kapan
kita dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak?
D.
Bagaimana
cara meningkatkan keterampilan sosial pada anak?
E. Apakah upaya untuk meningkatkan
keterampilan sosial pada anak?
Cermati cerpen berikut!
Biaya hidup sekarang jauh lebih banyak, sekarang
semua orang perlu membeli bensin untuk sepeda motor atau mobil … paling mereka
bersepeda dan kita kemana-mana jalan kaki, bukan? Sekarang mereka
berlomba-lomba ingin mendapatkan televise berwarna dan membeli lemari es.
39. Kalimat bermajas
metonomia untuk melengkapi kalimat cerpen tersebut adalah …
A.
Mereka
banyak yang mengendarai motor.
B.
Hanya
beberapa orang yang berjalan kaki.
C.
Besuk mereka akan pergi ke
luar kota.
D.
Dulu
di desa ini tidak ada yang memakai mobil.
E. Orang di desa jarang
sekali pergi menggunakan kijang
Cermatilah
kutipan novel berikut
Kepala sekolahnya adalah seorang pejabat penting,
Ibu Frischa namanya. Caranya ber-make up jelas memperlihatkan dirinya sedang
bertempur mati-matian melawan usia dan tampak jelas pula, dalam pertempuran
itu, beliau telah kalah. Ia seorang wanita keras yang terpelajar, progresif,
ambisius, dan sering habis-habisan menghina sekolah kampung. Gerak-geriknya
diatur sedemikian rupa sebagai penegasan kelas sosialnya. Di dekatnya siapa pun
akan merasa terintimidasi. Kalau sempat berbicara dengan beliau, ia sama
seperti orang melayu yang baru belajar memasak, bumbunya cukup tiga macam:
pembicaraan tentang fasilitas-fasilitas sekolah PN, anggaran ekstrakurikuler
jutaan rupiah, dan tentang murid-muridnya yang telah menjadi dokter, insinyur,
ahli ekonomi, pengusaha, dan orang-orang sukses di kota atau bahkan di luar
negeri.
(Laskar Pelangi, Andrea
Hirata)
40.
Amanat yang
sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah…
A.
Jadilah
wanita yang terpelajar, tetapi tidak angkuh dan sombong.
B.
Jangan
angkuh dan sombong kalau menjadi orang yang terpelajar.
C.
Bersikaplah
keras dalam memimpin, tetapi tetap santun kepada orang lain.
D.
Bersikap
rendah hati, santun, dan sederhana sekalipun menjadi pejabat tinggi.
E. Janganlah
mengingkari kodrat atau yang diberikan kepada kita
Cermatilah teks berikut!
Berita
itu datang dari orang yang belum tentu dapat dipercaya. Sehingga belum dapat dibuktikan kebenarannya.
Namun, berita itu sudah terlanjur ... , lalu siapa yang harus ...
, masyarakat
sudah terlanjur ....
41. Kata gabung baku yang
tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.
Disebarluaskan,
bertanggung jawab, antikorupsi
B.
Disebar-luaskan,
bertanggungjawab, antikorupsi
C.
Di
sebar luaskan, bertanggung jawab, anti korupsi
D.
Di
sebarluaskan, bertanggung jawab, anti korupsi
E.
Disebarluaskan,
bertanggung jawab, antikorupsi
Bacalah paragraf generalisasi berikut dengan cermat!
Bata ringan diproduksi
dengan menggunakan material pilihan yang tdak mudah lapuk, berkarat, atau
membusuk meskipun menghadapi perubahan cuaca. Bata ringan yang terbuat dari
campuran material yang baik mampu meyerap panas dengan baik. Risiko api
menjalar ke ruangan atau ke rumah lain dapat diminimalkan bila terjadi musibah
kebakaran karena bata ringan tahan api. Bangunan yang baik tentu memiliki
material dinding yang dapat menyerap suara. Bata ringan memiliki kemampuan
mengurangi daya vibrasi mekanikal sehingga mampu mengurangi masuknya suara
bising dari luar. Selain ringan, material tersebut mudah dikerjakan, digergaji,
dipaku, dibuat alur, mudah diukir dengan menggunakan peralatan kayu biasa. . .
. .
42. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf
generalisasi tersebut adalah....
A. Jadi, bata ringan mudah
diperoleh dan mudah pengerjaannya.
B. Jadi, bata ringan banyak
menawarkan keuntungan bagi penggunanya.
C. Jadi, bata ringan dapat
digunakan pada berbagai jenis bangunan.
D. Jadi, penggunaan bata
ringan lebih menghemat biaya pembangunan.
E. Jadi, bata ringan lebih
cocok digunakan untuk bangunan di perkotaan.
Bacalah silogisme berikut dengan cermat!
|
43.
Entimen yang tepat berdasarkan silogisme tersebut adalah...
A.
Ahmad Bagus peserta yang harus ikut mengerjakan soal Ujian Nasional
B. Peserta UNBK akan menerjakan soal ujian seperti Ahmad Bagus.
C. Ahmad Bagus harus memiliki id dan paswod
karena ia peserta UNBK
D. Ahmad Bagus adalah peserta UNBK karena
memiliki id dan paswod
E. Semua peserta yang memiliki id dan paswod
akan mengikuti ujian
Cermatilah
kutipan penutup surat berikut!
|
44.
Perbaikan terhadapa kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah...
A. bapak diganti Bapak, menhaturkan
beribu-ribu diganti mengucapkan
B. bapak diganti -nya,
menghaturkan beribu-ribu diganti ucapkan
C. bapak diganti Bapak,
menghaturkan diganti ucapkan
D. bapak diganti saudara,
menghaturkan diganti mengucapkan
E. bapak diganti Saudara, menghaturkan
beribu-ribu diganti diucapkan
45. Cermati kutipan pantun berikut!
|
Larik
yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah....
A. Carilah ilmu yang padat
B. Tuntutlah ilmu dengan
padat
C. Tuntutlah ilmu sampai
dapat
D. Carilah ilmu dengan cepat
E. Carilah pengetahuan
hingga kuat
46. Cermati bait puisi berikut!
|
Larik
yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah....
A. Yang membutuhkan segala
keperluan
B. Lebih lengang pula ketika
berada antara
C. Betapa gembira hatiku
kini
D. Wahai tuan dengarkan kami
ini
E. Kini kepastian terjadi
47. Cermati kutipan naskah
drama berikut!
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah....
A. Aku akan meninggalkan
kamar ini, aku tidak tega melihat ayah seperti ini.
B. Aku tidak bertanggung
jawab jika terjadi sesuatu dengan ayah.
C. Kita tinggalkan rumah
ini, karena kondisinya kurang kondusif.
D. Biarkan saja ayah
sendirian, kita tinggalkan saja dia sendiri....
E. Pasang saja alat
pernapasan ini, kita untung-untungan saja.
48. Cermatilah ilutrasi
beriku!
|
Kalimat
resensi yang tepat menyatakan keunggulan berdasarkan ilustrasi tersebut
adalah....
A. Bacalah buku ini karena
berisi ketegaran dan kesabaran seorang istri dalam kehidupan dan berumah
tangga.
B. Ketegaran dan kesabaran
seorang istri diungkap melalui “catatan
hati seorang istri”.
C. Tak dapat disangkal, “catatan hati seorang istri” benar-benar sangat menyentuh perasaan.
D. Membaca buku ini pasti
menangis, apalagi perempuan. Buku ini perlu dimiliki setiap perempuan.
E. Suarra perempuan dengan
segala ketegaran dan kesabaran dalam menjalankan tugas sebagai istri membuat
buku ini disukai.
49. Cermati bait puisi berikut!
|
Kalimat
kritik yang tepat untuk puisi tersebut adalah....
A. Puisi ini menjadi
melankolis karena sajaknya berisi tentang ratapan dan kesedihan yang mendalam.
B. Bahasa kiasan yang
digunakan penyair hanyalah bertujuan menciptakan makna mendalam kepada pembaca.
C. Penyair berusaha
menghidupkan kata-kata dalam puisinya ini untuk membangkitkan imajinasi
pembaca.
D. Chairil Anwar mampu
menciptakan pilihan kata sebaik mungkin walaupun kata yang digunakan adalah
bahasa percakapan.
E. Pada larik ke empat
penyair mengungkapkan suasan hatinya dengan makna yang tidak lazim.
50. Cermati kutipan cerita berikut!
|
Kalimat
esai yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah…
A. Timbul kesan keraguan
pembaca akan keaslian karya-karya sastrawan sebelum membaca karya-karya mereka
secara baik dan mendalam.
B. Keraguan akan keaslian
karya-karya Ayu Utami, dikatakan surealisme, sangat biasa, tetapi dapat menjadi
luar biasa indahnya dan mengagetkan.
C. Kesan pertama sesudah
membaca buku-buku karya seseorang ternyata sama seperti apa yang dijelaskan
pengarang dalam bukunya.
D. Sesuatu yang sangat biasa
dalam karya Ayu Utami, tiba-tiba menjadi sesuatu yang luar biasa sehingga kita
tercengang-cengang mengikuti ceritanya.
E. Karya-karya seorang
pengarang dikatakan berarti, menarik, dan indah apabila tiba-tiba menjadi luar
biasa indahnya.
Tidak ada komentar: