Makalah Ekonomi Tentang Instrumen Pasar Modal Dan Pelaku Pasar Modal Kelas XI SMA

Makalah Ekonomi


Rain In Shadow→ Makalah ini merupakan Tugas yang diberikan oleh Bu Nurhidayah selaku Guru bidang sutudi Ekonomi. Makalah ini mengambil Materi tentang Instrumen Pasar Modal dan Pelaku Pasar Modal yang kiranya dapat memberi sedikit Pengetahuan bagi pembacanya.

Makalah ini akan membahas mengenai Instrumen Pasar Modal Dan Pelaku Pasar Modal. Yang mana akan dibahas satu per satu dengan cukup Jelas dan Ringkas. Makalah Ekonomi ini merupakan Makalah yang sederhana tanpa adanya Gambar pendukung. Jadi, diharapkan para Pembaca agar memakluminya. Makalah Ekonomi ini juga dapat didownload melalui link yang dibawah ini.

Baca Juga : (Makalah Ekonomi Tentang Perdagangan Internasional Kelas XI SMA)

Baiklah tanpa menunggu basa-basi lagi mari kalian simak Makalah Ekonomi ini dengan seksama. dan jangan lupa bagi yang ingin makalah ini silakan mendownload di-link bawah ini.


Baca Juga :(Rangkuman PKn Tentang Pentingnya Hubungan Internsional Bagi Indonesia)


MAKALAH
Instrumen Pasar Modal & Pelaku Pasar Modal
 











Disusun oleh Kelompok 2
·       M. Fitra Panji Pratama
·       Moch. Haris
·       Ardani
·       Nella Nur Lisya
·       Esti Noor Wibawa Sakti
·       Suryani
·       Christya Veronika
·       Agnestin Yoseva Bulan
·       Rina. S
·       Verucha Yuliana Sari



Kata Pengantar


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami berhasil menyusun makalah ini sesuai dengan kemampuan yang kami miliki.

Makalah ini merupakan tugas yang diberikan oleh Bu Nurhidayah selaku guru bidang sutudi Ekonomi. Makalah ini mengambil materi tentang Instrumen Pasar Modal dan Pelaku Pasar Modal yang kiranya dapat memberi sedikit pengetahuan bagi pembacanya.

Kami  menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun akan  kami terima dengan tangan terbuka demi kesempurnaan penyusunan makalah kami yang selanjutnya. kami berharap penyusunan makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kami semua. Amin.






Tenggarong, April 2017


Tim Kelompok 2





1.      Instrumen Pasar Modal
      Instrumen pasar modal adalah semua surat berharga (efek) yang secara umum diperjualbelikan melalui pasar modal. Menurut undang-undang no.8 tahun 1995 tentang pasar modal. Instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal merupakan instrumen jangka panjang.

A.    Saham
           Saham merupakan tanda bukti kepemilikan atas aset-aset perusahaan dalam bentuk PT. Saham merupakan salah satu jenis sekuritas yang paling populer di pasar modal. Dengan memiliki saham,investor akan memperoleh dividen dan dapat memanfaatkan fluktuasi harga saham dengan menjual saham tersebut untuk memperoleh keuntungan yang dinamakan capital gain
B.     Obligasi
          Obligasi merupakan sertifikat yang berisi kontrak antara investor dan perusahaan,yang menyatakan bahwa investor sebagai pemegang obligasi telah meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan (emiten). Perusahaan yang menerbitkan obligasi mempunyai kewajiban untuk membayar bunga secara regular sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan serta pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.
C.    Redaksana
            Redaksana adalah sertifikat yang menjelaskan bahwa pemiliknya menitipkan sejumlah dana kepada perusahaan redaksana untuk dikelola oleh manajer investasi profesional,agar digunakan sebagai modal berinvestasi baik pasar modal maupun pasar uang.
D.    Instrumen Derivatif
            Merupakan sekuritas turunan dari suatu sekuritas lain,sehingga nilai instrumen deveratif sangat tergantung dari harga sekuritas lain.


2.      Pelaku Pasar Modal
      Para pelaku utama dalam pasar modal adalah perusahaan yang aka melakukan penjualan saham (emiten) dan pembeli atau pemodal (investor) yang akan membeli instrumen yang ditawarkan oleh emiten. Pasar modal menyediakan berbagai alternatif bagi para investor.
a.       Emiten
             Yaitu badan usaha (perseroan terbatas) yang menerbitkan saham untuk menambah modal,atau menerbitkan obligasi untuk mendapatkan utang dari para investor atau bursa efek.
b.                  Perantara Emisi
              Perantara Emisi,yang meliputi 3 pihak,yaitu sebagai berikut :
·                        Penjamin Emisi (underwriter) yaitu,perusahaaan yang menjamin penjualan emisi,dalam arti,jika saham atau obligasi belum laku,penjamin emisi wajib membeli agar kebutuhan dana yang diperlukan emiten terpenuhi sesuai rencana
·                        Akuntan Publik,yaitu pihak yang berfungsi memeriksa kondisi keuangan emiten dan memberikan pendapat apakah laporan keuangan yang telah dikeluarkan oleh emiten wajar atau tidak
·                        Perusahaan Penilai (appraisal),yaitu perusahaan yang berfungsi untuk memberikan penilaian terhadap emiten,apakah nilai aktiva wajar atau tidak.

c.       Badan Pelaksanaan Pasar Modal
             Yaitu,badan yang mengatur dan mengawasi jalannya pasar modal,termasuk mencoret emiten (delisting) dari lantai bursa dan memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang melanggar peraturan pasar modal. Di Indonesia badan pelaksanaan pasar modal adalah BAPEPAM (Badan Pengawas dan Pelaksanaan Pasar Modal) yang merupakan lembaga pemerintah dibawah menteri Keuangan.
d.      Bursa Efek
              Yaitu,tempat diselenggarakannya kegiatan perdagangan efek pasar modal yang didirikan oleh suatu badan usaha. Contoh Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia stock Exchange
    e. Perantar Perdagangan Efek
          Yaitu makelar (pialang/broker) dan komisioner yang hanya lewat kedua lembaga itulah efek dalam bursa boleh di transaksikan. Makelar adalah perusahaan pialang (broker) yang melakukan pembelian dan penjualan efek untuk kepentingan orang lain dengan memperoleh imbalan. Adapun komisoner adalah pihak yang melakukan pembelian dan penjualan efek untuk kepentingan sendiri atau untuk kepentingan orang lain dengan memperoleh imbalan.
    f. Investor
           Yaitu,pihak yang menanamkan modalnya dalam bentuk efek dibursa efek ssdengan membeli atau menjual kembali efek tersebut.




PENUTUP
Kesimpulan
Pasar modal adalah tempat perusahaan mencari dana segar untuk meningkatkan kegiatan bisnis sehingga dapat mencetak lebih banyak keuntungan. Dana segar yang ada di pasar modal berasal dari masyarakat yang disebut juga sebagai investor.
Pasar modal mempunyai dua fungsi, yaitu ekonomi dan keuangan. Dalam menjalankan fungsinya, pasar modal dibagi menjadi dua jenis, yaitu pasar perdana dan pasar sekunder. Yang terlibat di pasar modal adalah para pemain utama dan lembaga penunjang lainnya yang terlibat langsung dalam proses transaksi dengan instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal, seperti saham, obligasi, dan surat berharga lainnya yang merupakan instrumen jangka panjang.

Saran

Dengan adanya makalah ini, kami harap dapat membantu pembaca memperoleh informasi mengenai Pasar Modal. Namun, kami sadar, bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena, itu masukan, serta saran dari para pembaca sangat diharapkan.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.