Bingung Mau Mennulis Cerita Dari Mana? Ke Sini Aja !


Rain In Shadow Menulis adalah kegiatan yang sangat baik dilakukan oleh siapa, mulai dari anak balita yang mula-mulanya belajar hingga orang dewasa yang ingin melatih keterampilan. Menulis juga, merupakan awal dari segala jenis Karya yang beredar. Contonya saja : Film(yang mana dialog dan jalan ceritanya berasal dari sebuah naskah yang ditulis oleh sutradara), Lagu(yang berasal tulisan pengarang lagu), dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau saya sebutkan satu-satu nanti tidak jadi membahas materi di artikel ini.😄😀😅. 

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai Materi lanjutan yang sebelumnya telah tersedia pada postingan yang lalu. Baca Materi Sebelumnya (Materi Pelatihan Bengkel Bahasa). Kita tentu pernah mengalami yang namanya "Bingung", "Malas", "Tidak Bersemangat", "Harus Mulai dari mana?" dalam menulis baik itu Karya Sastra atau Non-Karya Sastra. Semua orang yang sedang mengalami hal tersebut pasti tidak akan memiliki kamuan mencoba terlebih dahulu.

Padahal, dengan mencoba Menulis dalam keadaan yang kurang baik. Itu akan mendatangkan Ide yang tak pernah diduga sebelumnya. Dan terkadang Ide itu datang bersifat Spontan, kita tidak tahu kapan datangnya Ide yang cemerlang jika kita terus dalam masalah seperti yang saya tulis diatas.

Berikut ini merupakan sebagian pencerahan dari yang saya dapatkan ketika saya Pelatihan kemarin. Baca Artikel (Materi Pealtihan Bengkel Bahasa). mengenai tentang Cara, Kiat, Bahan, Motivasi, Tujuan Menulis, dan Pemicu Ide dikemas dalam Karya Sastra (Cerpen). Baca Juga (Cerita Mini (Cermin) Kendaraan Bermotor).


 BAHAN MENULIS CERPEN 

Bahan Menulis adalah keperluan dasar yang dibutuhkan dalam menciptakan suatu Karya Sastra. Karya yang bagus tentu akan memiliki bahan yang berkualitas yang tinggi juga. Dalam Pelatihan Bengkel Bahasa saya jalaini, terdapat 4 Bahan Menulis Cerpen/Sumber Inspirasi Menulis Cerpen yang akan saya terangkan berikut ini.
       1. Pengalaman Pribadi atau Orang Lain.
Setiap yang terjadi pada diri kita, baik itu dalam peristiwa yang baik atau yang buruk sekali pun. Dapat diabadikan dalam bentuk tulisan. Bahkan tulisan yang dibukukan dari pengalaman pribadi itu bisa dijadikan sebagai Film.

       2. Peristiwa atau Kejadian Disekitar Lingkungan.
Peristiwa yang terjadi disekitar kita, dapat juga menjadi materi penulisan kita. "Perampokan", "Pembunuhan", Penyiksaan terhadap anak" merupakan Materi yang sangat bagus jika di oleh dengan benar. Semua unsur dalam masyarakat ikut serta dalam pembentukan peristiwa di sekitar kita.

       3. Media 
Sekarang, Teknologi merupakan Alat untuk mencapai tujuan bagi semua manusia. Termasuk Tujuan untuk membuat tulisan yang baik. Media Masa yang tersebar telah membuat kita tahu mengenai Berita dari belahan dunia lain. Materi dari penulisan biasanya bersumber dari Berita, Media Sosial, Majalah Online, dan lain-lain yang melibatkan Media sebagai sumbernya.
      4. Perpustakaan
Buku dari zaman dulu hingga sekarang merupakan sumber yang sangat bagus bagi penulisan kita. Orang zaman dahulu, membuat tulisan karena ingin mengenang dan mengabadikan momen pada zaman itu. Sekarang banya orang yang menulis karena Hobi, untuk sekadar hiburan, bahkan untuk mencari Nafkah.

Setelah tadi kalian telah mengetahui Bahan Menulis Cerpen yang menurut saya banyak sekali. Terdapat juga beberapa Kiat dalam Menulis Cerpen. Antara lain sebagai berikut :
KIAT MENULIS CERPEN

      1. Mau Belajar
Ini yang terpenting dalam Menulis, Mau Belajar. Tidak ada kata Ahli tanpa Belajar. Belajar bisa dari Masalah juga. Jadi, Belajar bisa dari apa saja termasuk Kesalahan. Dan Kesalahan merupakan Guru terbesar.

      2. Menggerakkan Mata, Tangan, dan Pikiran
Dalam Menulis, kita dituntun untuk selalu menggerakkan Mata, Tangan, dan Pikiran. Terutama dalam menggerakkan Pikiran. Pikiran yang penuh dengan Ide-ide yang segar dan baru akan menciptakan suatu Karya yang baik dan berkualitas

      3. Mau Berkerja Keras
Berkerja Keras, di dunia ini yang namanya Kesuksesan tidak datang dalam dengan sendirinya. Kita harus Berkerja Keras dalam segala hal. Termasuk dalam Menulis, Menulis biasanya Tangan dan Pikiran yang Berkerja Keras. Dan tidak dibarengi dengan Niat dan Hati yang tenang dalam Menulis. Aspek tersebut merupakan hal yang penting juga untuk membuat suatu Karya yang bekualitas.

      4. Mau Berlatih Diri
Berlatih, tidak hanya untuk yang memerlukan kekuatan Fisik dalam Berlatih. Menulis juga memerlukan Latihan. Jika kalian ingin tulisan kalian menghasilakan pundi-pundi Rupiah, kalian harus Berlatih Menulis. Terutama perbanyak Bendahara Kata yang akan membantu kalian untuk menciptakan tulisan yang bagus dan berkualitas.

       5. Mau Mencoba dan Tidak Pantang Menyerah.
Ilmu tanpa Praktik akan menjadi tidak berguna, hal tersebut juga berlaku pada Menulis. Jika kalian mendapat Ilmu atau Berguru dengan seseorang untuk memperdalam bakat yang kalian miliki maka akan menjadi tidak berguna jika tanpa Praktik. Dan jangan pentang Menyerah jika kalian ingin menciptakan Karya yang baik dan berkualitas.

Setelah tadi kita telah membahas Kiat Menulis Cerpen yang menurut saya banyak sekali. Terdapat juga beberapa Motivasi dan Visi dalam Menulis Cerpen. Antara lain sebagai berikut :
VISI dan MOTIVASI

Membahas mengenai Motivasi dan Visi dalam Menulis Cerpen tentu dari kalian pasti memilikinya masing-masing, berikut Visi dan Motivasi yang saya dapatkan ketika Pelatihan :

      1 . Menuangkan Gagasan dalam Tulisan
Penting sekali dalam Menulis yang namanya menuangkan Gagasan dalam Pemikiran, karena semua sumber tulisan yang beredar berasal dari Gagasan dan Pemikiran orang-orang. Penuangan ini, bisa dalam bentuk yang macam-macam. Salah satunya memalui Menulis.
      2. Berjuang Meningkatkan Taraf Hidup Lewat Tulisan
Motivasi ini mengajarkan kita untuk tidak diam diri dalam situasi apapun yang kita alami. Masalah akan tamabah meningkat ketika bediam diri dalam Masalah. Melalui Motivasi ini, kita akan dituntut untuk Berjuang dalam Hidup yang Keras ini.
      3. Membangkitkan Motivasi Hidup.
Hidup tanpa Motivasi akan terasa berkurang Gairah dan Semangat dalam mengejar apa yang kita ingin kan. Untuk itu, Menulis merupakan pembangkit Gairah dan Semagat Hidup untuk menjalaninya dengan baik dan berkualitas.
      4. Mengembangkan Potensi Diri.
Potensi dalam setiap manusia sangat besar, sampai kita tidak tahu sebesar apa Potensi yang kita miliki. Dalam Menulis kita dituntut untu berpikir Kreatif dan Kemandirian dalam berpikir dan bertindak. Sehingga akan memunculkan Potensi diri kita yang terpendam.

Setelah tadi kalian telah mengetahui Visi dan Motivasi Menulis Cerpen yang menurut saya banyak sekali. Terdapat juga beberapa Tujuan dalam Menulis Cerpen. Antara lain sebagai berikut :


TUJUAN MENULIS 

Tujuan dalam Menulis agar kita dapat mudah mengetahui kemana kita berakhir dalam Menulis. Berikut Tujuan dalam Menulis Cerpen yag saya dapatkan dari Pelatihan :

1. Nafkah
2. Pernyataan Diri
3. Sosial-Emosional
4. Moral-Spiritual
5. Menyalurkan Hobi.

Dibagian ini, saya tidak menjalaskan setiap Poin dalam Tujuan Menulis. Yang menurut saya pemikiran dalam menafsirkan Tujuan Menulis bagi setiap orang berbeda-beda. Dan tidak ada yang sama.

Baiklah, saya rasa cukup untuk isi dalam artikel ini. Tetapi Materi Pelatihan Bengkel Bahasa masih ada lagi jadi jangan sampai ketinggalan Materinya. Dan terus kunjungi blog ini, jangan pernah bosan berkunjung ke blog ini. Baca Juga (Cerita Mini (Cermin) Kendaraan Bermotor)
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.