Puisi Bertema Tentang Pengorbanan

Keindahan Puisi terletak pada rangkain kata-kata

Rain In ShadowKarya Sastra memiliki bayak jenis dan ragamnya, tetapi Karya Sastra sendiri telah berkembang dalam dari zaman ke zaman. Sehingga memiliki kata dan bahasa yang lebih baik dari sebelumnya. Kata merupakan alat/inti dari sebuah Karya Sastra, yang mana tanpa kata yang bagus tidak akan mengahasilkan suatu Karya Sastra yang bemutu.


Puisi merupakan sebuah Karya Sastra yang mengutamakan keindahan dalam merangkai bait-demi-bait, kata yang digunakan dalam Puisi biasanya merupakan kata Kiasan(Bukan makna sebenarnya). Oleh karena itu, Puisi memiliki penafsiran yang sangat luas baik itu dari pengarang Puisi itu sendiri, atau para Penikmat Puisi itu sendiri. 

Seseorang yang telah pandai dalam merangkai Puisi, biasanya akan sulit menemukan "Apa arti/makna dari Puisi yang dia buat?" Mengapa demikian? Karena orang yang telah pandai menulis Puisi menggunakan ragam-jenis Pertalian Makna Kata. 

Dan disamping itu, orang tersebut juga dapat memahami situasi dan kondisi sekitar sehingga muncul rasa ingin mencurahkan isi hati pada suatu Karya Sastra. Dan yang lebih utama lagi, orang yang telah pandai menulis Puisi yang sulit dimengerti memiliki wawasan yang luas, terlebih lagi ia berlajar dari pengelamannya sendiri sehingga ia memiliki perbendaharaan kata yang sangat banyak dibandingkan dengan yang lain.


Berikut ini merupakan Puisi Karya Tsugami Ichi yang dibuat ketika ia menginjak kelas 10 Sekolah Menengah Atas,
Setiap Sepatu memiliki kenangan yang takan terlupakan

SEPATU


Oh sepatu
Sungguh besar pengorbananmu
Bagiku
Bentuk mu yang lugu
Membuat semua orang ingin memiliki mu

Dari segala ancaman mara bahaya
Engkau rela aku injak
Tak sedikit pun engkau mengeluh...
Diri mu rela ku tempatkan dimana saja,

Entah di kerikil yang tajam
Entah itu di air yang dingin....
Bau busuk kaki ku yang menyengat
Tak membuat dirimu mengeluh
Oh sepatu
Engkau pahlawan bagiku....



Dari Puisi diatas, menurut kalian sebagai pembaca Apakah memahami isi dari Puisi tersebut? Bagaimana mengenai kualitas Puisi tersebut? Hanya kalian yang mengetahuinya.

Baiklah, sekian dari saya mengenai artikel ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih telah mengunjungi Rain In Shadow. Baca Juga (Materi Pelatiahan Bengkel Bahasa)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.