Puisi Chairil Anwar (Kesabaran) Bertema Tentang Religi Dan Sosial

Puisi Chairil Anwar

Rain In Shadow→ "Aku tak bisa tidur" "Orang ngomong, anjing nggonggong" dikutip dari penggalang Puisi Chairil Anwar yang berjudul "Kesabaran", Seperti yang terdapat pada penggalan dari sebuah Penyair Puisi yang terkenal, siapa lagi yang tidak kenal kalau bukan Chairil Anwar.

Karya-Karya yang dihasilkan oleh beliau merupakan sebuah Berlian yang dibuat dari tangan seorang yang telah Profesional dalam Mengolah, Merangkai, dan Mencari Kata sehingga terciptalah sebuah Karya yang menarik untuk dibaca. Seperti Karya yang terkenal lainnya Puisi yang berjudul "Kesabaran" ini memiliki Makna yang sangat mendalam. Ini terbukti bahwa dalam hal pemilihan Kata yang diambil, beliau selalu menempatkan sebuah Kata perumpamaan yang sangat sulit untuk dijelaskan menurut Sudut Pandang orang pada umumnya.


Sebagai seorang yang umum dalam mengambil Makna dari sebuah Puisi Karya orang yang telah Profesional. Saya dapat menagkap sedikit dari Makna yang tersirat dalam Puisi ini. Yaitu, (sebelumnya saya minta maaf makna dari Puisi ini semata-mata dari Sudut Pandang saya, jadi jika kalian memiliki Makna yang berbeda dari Puisi ini silakan saja.

"Bahwa seorang hamba yang sedang terjebak dalam sebuah masalah dan dia tidak tahu lagi ingin melakukan apa. Bahkan ia pun tidak sanggup melihat kenyataannya hingga ia menutup matanya dan hanya dapat berharap bahwa takdirlah yang akan mengubah segalanya. Mungkin itu saja makna dari puisi ini yang saya mencoba tangkap, walaupun itu hanya sedikit bahkan bisa juga terdapat kesalahan. Tetapi, menurut saya lebih baik mencoba dari pada tidak sama sekali. Lebih baik melakukan dari pada menyesal di kemudian hari." 

Itu tadi Makna dari Puisi Chairil Anwar yang berjudul Kesabaran. Jika kalian masih belum mengerti Makna yang terdapat pada Puisi ini maka saya sarankan untuk berusaha terlebih dahulu sendiri. Jika kalian telah sampai pada titik jenuh, tidak ada salahnya kalian menanyakan yang kalian tidak ketahui pada orang terdekat terlebih dahulu. Misal : Teman Akrab kalian, Teman Sekelas kalian, Orang Tua kalian, atau bahkan Guru kalian yang memiliki kaitannya dengan Materi yang ditanyakan.


Baiklah berikut ini cuplikan Puisi dari Chairil Anwar yang berjudul Kesabaran.

KESABARAN
(Chairil Anwar)


Aku tak bisa tidur


Orang ngomong, anjing nggonggong


Dunia jauh mengabur


Kelam melindungi batu


Dihantam suara bertalu-talu


Di sebelahnya api dan abu


Aku hendak bicara


Suaraku hilang, tenaga terbang


Sudah! Tidak apa-apa


Ini dunia enggan disapa, ambil perduli


Keras membeku air kali


Dan hidup bukan hidup lagi


Kuulangi yang dulu kembali


Sambil bertutup telinga, berpicing mata


Menunggu reda yang mesti tiba

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.