Laporan Hasil Pengamatan Biologi Tentang Pertumbuhan Tanaman Bawang Rambut Kelas XI SMA


 Rain In Shadow→ Laporan Hasil Observasi Biologi ini merupakan tugas yang diberikan oleh saya pada saat kelas XI SMA dulu, yang berisikan tentang Pengamatan tentang tanaman yang bernama Bawang Rambut. Tujuan Pengamatan ini ingin mengetahui Pertumbuhan dari tanaman diatas tersebut. Baiklah tanpa berlama-lama langsung saja dilihat laporannya.


LAPORAN
PERTUMBUHAN TANAMAN BAWANG RAMBUT
(Allium tuberosum Rottler ex Spreng. Dan A. ramosus)
D
I
S
U
S
U
N
O
L
E
H
ANDRIE SETYA BHAKTI
CINDI FEBRIANA SAPUTRI
EKA FATMAWATI
ELDHA US NAIMA
INDRA BHARA SUWANDI
INDRI PURTI LARASATI



Tujuan : Mengamati Pertumbuhan Tanaman Bawang Rambut (Allium tuberosum Rottler ex
   Spreng. Dan A. ramosus)

Alat & Bahan : 1. Kayu
                           2. Poliback
                           3. Bawang Rambut
                           4. Pupuk
                           5. Tanah

Hasil Pengamatan : Photo berkala.

Pembahasan :

1.      Asal-usul Bawang Rambut
Bawang rambut (Allium tuberosum Rottler ex Spreng. Dan A. ramosus) dekenal sebagai sayuran daun. Bawang rambut jarang dipakai dalam menu masakan Indonesia. Penggunaannya umum dalam masakan Tionghoa, seperti bubur ayam. Pada budaya boga Tiongkok dan Jepan, bawang merah merupakan bahan campuran isi Jiaozi (gyzoa).
Bawang rambut berdaun pipih dan tidak berbunga.
Bawang rambut berbeda dengan Lokio (“Bawang Batak’, A. chinenses), A schoenoprasum L (chives), yang berdaun silinder (gilig) dan berongga. Aroma bawang rambut lebih dekat ke bawang putih daripada lokio,sehingga dalam bahasa Inggris disebut garlic-chives dan dalam bahasa Jerman disebut Knoblauch-Schnittlauch.
Daunnya beraroma tajam dan pekat namun berbeda dengan aroma daun prei (A. porrum) maupun daun bawang (A. cepa, A. fistulosum, A. ascalonium). Bunga bawang rambut dapat digunakan pula sebagai rempah penyedap.


2.      Manfaat bawang rambut
Khasiat antihipertensi itu dikarenakan bawang rambut mengandung sennyawa tetrametiloksamida dan ester 17-etadekadesenil .Efek antihipertensi ekstrak bawang rambut sebanding dengan antenolol dosis 25 mg. antenolol adalah zat penurun hepertensi yang diresepkan dokter yang tergolong suatu beta bloker. Soal toksisitas, dari uji klinis tersebut terungkap, mengonsumsi bawang rambut dalam dosis tinggi sekalipun tetaplah aman.
Telah teruji secara klinis bahwa ekstrak bawang rambut  terbukti menurunkan tekanan darah sistolik (angka fase darah sedang dipompa jantung) dan diastolic (angka saat fase darah kembali ke jantung/berileksasi)
Periset di sekolah Tinggi Farmasi Institut Teknologi Bandung mengekstrak 240 mg bawang rambut yang berumur 2 bulan, ternyata bawang rambut dapat menurunkan tekanan darah sistolik hingga 28,67 mmHg . Khasiat antihipertensi itu di karenakan bawang rambut mengandung senyawa tetrametiloksamida dan ester 17-etadekadesenil. Efek antihipertensi ekstrak bawang rambut sebanding dengan atenolol dosis 25 mg. Atenolol adalah zat penurun yang kerap menjadi resep dokter.

 
Hasil Pengamatan : Photo berkala








 

Kesimpulan : Tumbuhan Bawang Rambut dapat menjadi obat alami dalam menurunkan
                       tekanan darah tinggi bawang rambut mengandung tetrametiloksamida dan ester
                       17-etadekadesenil yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan telah
                       Teruji di sekolah Tinggi Farmasi Institut Teknologi Bandung.
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.